Latest News

Friday, July 20, 2012

Bersaing dengan Jokowi, wali kota asal Israel gratiskan Internet



http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/07/20/69828/540x270/bersaing-dengan-jokowi-wali-kota-asal-israel-gratiskan-internet.jpg


Pemilihan wali kota terbaik sejagat sduah memasuki tahap akhir. Selepas mengumpulkan kesaksian dari warga di masing-masing kota, panitia dari lembaga nirlaba world mayor bakal memutuskan wali kota terbaik pertengahan Oktober mendatang.

Saat ini terdapat 25 calon, termasuk Wali Kota Solo Joko Widodo, akrab disapa Jokowi, dan Wali Kota Tel Aviv, Israel, Ron Huldai. Semua kandidat berlomba-lomba menjadi pemimpin terbaik di mata warga mereka. Ini dilihat dari tingkat kepuasan penduduk atas kinerja wali kota dan kenyamanan layanan publik tersedia.

Sebab itulah, seperti dilaporkan surat kabar Haaretz, Jumat (20/7), Wali Kota Ron Huldai melakukan terobosan. Dia akan menyediakan jaringan Internet cuma-cuma di senatero Tel Aviv. Pemerintah Kota Tel Aviv menggelontorkan Rp 14,1 miliar buat mewujudkan proyek itu.

Sebagai uji coba, Internet gratis itu bakal dirasakan di daerah Ben Gurion dan Pantai Gordon. Jika program ini berhasil, akan diperluas ke wilayah lain di Tel Aviv, terutama jalan protokol, taman, dan pusat bisnis. Sayangnya, pengguna hanya bisa berselancar, bukan buat mengunduh. Pemerintah juga memblokir situs porno, judi, dan situs menyajikan kekerasan.

Penggagas proyek, Alon Solar, mengatakan hal ini bermanfaat besar untuk masyarakat. "Era teknologi ini semua bisa tersedia dan terhubung. Pemerintah memang harus menyesuaikan dengan dinamika kota dan memberikan pelayanan terbaik bagi warga," katanya.

Tel Aviv bukan kota pertama di Israel menawarkan Internet gratis. Proyek serupa sudah berjalan di Haifa sejak emlpat tahun lalu.

Kemajuan pesat dirasakan sejak Ron Huldai memimpin pada 1998. Kota berpenduduk sekitar 400 ribu jiwa ini menduduki posisi kelima sebagai daearh tujuan melancong terbaik sejagat. Tel Aviv seolah tak pernah tidur menjadi kota terkaya nomor 19 di dunia.

Prestasi Jokowi yang baru menjabat wali kota Solo pada 2005 tidak kalah mentereng. Ia berhasil mengelola pedagang asongan dan pinggir jalan tadinya semrawut. Kota Bengawan kini lebih tertib. Dengan keberhasilannya itu, dia pun tak ragu bertarung pada pemilihan gubernur DKI Jakarta tahun ini.

Seperti di pemilihan wali kota terbaik dunia, Jokowi juga sudah masuk babak final untuk menjadi pemimpin ibu kota Indonesia itu.


sumber :http://www.merdeka.com/dunia/bersaing-dengan-jokowi-wali-kota-asal-israel-gratiskan-internet.html

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post