Latest News

Wednesday, July 18, 2012

Peduli Kesehatan Anda ? Kenali Kebutuhan Gizi Tubuh, Cara Diet Sehat


Apa itu zat gizi ?

Zat gizi merupakan unsur yang terkandung dalam makanan yang memberikan manfaat bagi kesehatan manusia.

Mengapa tubuh perlu gizi yang cukup ?

Berdasarkan data dari UNICEF, 1 dari 3 Balita Indonesia mengalami kekurangan gizi/ malnutrisi. Kekurangan gizi akan memberikan dampak yang signifikan seperti:
- Dampak bagi Balita: berkurangnya perkembangan otak yang akan mempengaruhi kecerdasan dan potensi belajar.

- Dampak bagi Remaja dan Dewasa: berkurangnya pertumbuhan berat dan komposisi badan yang pada gilirannya dapat menyebabkan kekebalan tubuh melemah terhadap penyakit serta rendahnya produktivitas, dan meningkatnya risiko berbagai penyakit degeneratif hingga penyakit jantung di usia tua.

- Dampak bagi perekonomian negara: Malnutrisi juga diprediksikan menyebabkan kerugian setara 62 trilyun Rupiah, dimana jika malnutrisi tidak ditangani akan memandulkan perkembangan dan pembelajaran anak, serta potensi pendapatan dari mata pencaharian orang dewasa akan menurun.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui seberapa banyak kandungan tiap zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, sumber untuk memperolehnya dan tentunya fungsinya bagi tubuh.

Cara Menghitung Kebutuhan Gizi Tubuh
Spoiler for Cara Menghitung Kebutuhan Gizi Tubuh:

Untuk memastikan apakah tingkat kebutuhan gizi minimal kita sudah terpenuhi, perlu dilakukan pengukuran terhadap tingkat kebutuhan gizi kita. Kebutuhan gizi masing-masing individu berbeda satu sama lain. Banyak hal yang mempengaruhi seperti: gender, umur, berat dan tinggi badan hingga rutinitas/ aktivitas seseorang.

Saat ini telah banyak kalkulator gizi, Anda dapat cek langsung TKP:


1. Jika membutuhkan perhitungan gizi yang detail:

https://www.planetpace.com/food/dietary-intakes.php


2. Jika hanya membutuhkan perhitungan kalori:

http://doktersehat.com/kalkulator-kalori/




Cara Diet Sehat
Spoiler for Cara Diet Sehat:

Kenapa perlu diet sehat ?

Esensinya diet diperlukan agar seseorang tetap berada pada kondisi kesehatan ideal atau dapat dikatakan memiliki asupan gizi yang seimbang selama masa diet berlangsung. Hal ini untuk menghindari berbagai gangguan penyakit baik akibat kekurangan gizi. Namun, kecenderungan diet saat ini, yang diperhatikan hanyalah dari sisi berat badan. Banyak yang melakukan diet ekstrim tanpa memperkirakan kebutuhan gizi. Sehingga hal ini mengakibatkan tubuh tidak memperoleh gizi yang cukup.

Para ahli kesehatan pasti menawarkan cara diet dengan memperhitungkan kebutuhan kalori minimum, tidak hanya melihat berat badan ideal.

Penjelasannya begini:

Setiap tubuh manusia membutuhkan kalori minimal agar asupan nutrisi tubuh tetap terjaga atau gampangnya agar tubuh tetap sehat. Apabila tubuh tidak memperoleh asupan kalori minimalnya akan berisiko kekurangan gizi/ malnutrisi. Kondisi ini disebut dengan 'starvation mode' / 'kelaparan', pada umumnya merupakan reaksi natural yang dikarenakan kurang nya kalori yang masuk ke tubuh. Dalam kondisi ini, tubuh secara otomatis menggunakan cadangan lemak dalam tubuh untuk memenuhi nutrisi minimum yang dibutuhkan.

Lho, bukannya tujuannya diet untuk mengurangi lemak berlebih dalam tubuh..??

Iya, tapi diet sehat, seperti yang dijelaskan sebelumnya, adalah untuk tetap menjaga keseimbangan gizi selama diet berlangsung. Apa jadinya jika tubuh tidak memperoleh asupan nutrisi yang cukup malah dipaksa juga mengurangi cadangan lemak dalam tubuh...?? (yang notabene merupakan salah satu zat gizi yang dibutuhkan tubuh).

Maka dari itu ikuti cara ini , jika ingin melakukan diet sehat versi TS. Anda punya cara lain ? silahkan share....

Cara Diet Sehat versi TS

1. Hitung kebutuhan kalori untuk diet dari link di sini: http://doktersehat.com/kalkulator-kalori/

2. Masukkan data-data Anda yang dibutuhkan (gunakan formula yang konsisten dari awal hingga akhir program diet Anda), kemudian klik submit.

3. Catat angka kalori yang tertulis: “Kalori untuk menurunkan berat badan ... kalori/hari”.

4. Kemudian ukurlah takaran makanan Anda per kalorinya, untuk memenuhi kebutuhan kalori harian Anda sesuai nomor 3 di atas.

5. Ulangi dari nomor 1-5 selama program diet berlangsung. Lakukan pengecekan secara regular terhadap berat badan Anda. Program diet sebaiknya dihentikan apabila berat badan anda sudah pada kondisi ideal.




sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15318926

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post